Resensi: Bahtera Sebelum Nabi Nuh; Kisah Menakjubkan tentang Misteri Bencana Banjir di Zaman Kuno


Kisah bencana banjir dan bahtera Nabi Nuh termuat dalam al-Qur’an, Taurot, maupun Alkitab. Cerita ini diyakini sebagai tragedi banjir pertama dalam sejarah. Namun, detail cerita dan kebenaran sejarah peristiwa itu tetaplah misteri. Hingga akhirnya, seorang ahli di British Museum, Dr. Irving Finkel, berhasil mengungkap kode-kode misterius pada sepotong tablet kuno dari tanah liat yang berusia lebih dari 4000 tahun, dan memungkinkan munculnya penafsiran baru secara radikal tentang mitos bahtera Nabi Nuh dan bencana banjir kuno.

Cerita detektif memikat ala Dr. Finkel ini bermula ketika pada 2008 ia menemukan tablet persegi panjang seukuran tangan beraksara Babilonia, yang diyakini sebagai dokumen pertama ciptaan nenek moyang manusia. Tablet yang diperkirakan dibuat pada 1850 SM ini merupakan salinan dari riwayat banjir Babilonia, sebuah mitos Mesopotamia kuno yang mengungkapkan antara lain instruksi pembuatan perahu besar untuk bertahan hidup dari banjir. Melalui serentetan penemuan lain yang menakjubkan, Dr. Finkel mampu memecahkan misteri bahtera dan banjir pulau tersebut dengan cara pengungkapan yang tak terduga.

Replika kapal ukuran satu seperlima Finkel
yang dia klaim dijelaskan di Tablet Bahtera-nya
Namanya George Smith (1840-1876) yang awal mula menemukan tablet kuneiform yang terbuat dari tanah liat pada galian tanah di daerah Nineveh. George Smith sebenarnya seorang mantan pembuat klise uang kertas yang kemudian menjadi asisten di British Museum. Penemuan Smith ini menggemparkan. Sebab, isi dari tablet kuneiform tersebut mengisahkan peristiwa air  bah —seperti tersebut dalam Kitab Kejadian.




Daftar Isi
1. Tentang Buku Ini
2. Baji di Antara Kita
3. Kata-kata dan Masyarakat
4. Mengisahkan Kembali Air Bah
5. Tablet Bahtera
6. Peringatan Datangnya Air Bah
7. Persoalan Bentuk Bahtera
8. Pembuatan Bahtera
9. Kehidupan di Atas Bahtera
10. Air Bah Babilonia dan Alkitab
11. Pengalaman Bangsa Judea
12. Apa yang Terjadi pada Bahtera?
13. Apakah Tablet Bahtera Itu?
14. Kesimpulan: Kisah-kisah dan Bentuk-bentuk

“Salah satu dokumen paling penting yang pernah ditemukan... ” —The Guardian

“Buku bertema serius, tetapi tidak berat: rasanya segar dan menarik. Buku ini mengubah cara kita membayangkan cerita Kitab Suci.” —The Sunday Times

“Ilmiah dan mengasyikkan... Masa lalu Timur Tengah kuno mungkin tampak serius, namun buku ini menunjukkan relevansinya.” —The Times

“Menyenangkan... buku yang berisi jawaban untuk pertanyaan besar.” —Stephen Moss, The Guardian

Judul: Bahtera Sebelum Nabi Nuh; Kisah Menakjubkan tentang Misteri Bencana Banjir di Zaman Kuno
Penulis: Dr. Irving Finkel
Penerjemah: Isma B. Soekoto
Tebal: x+467 hlm.
Dimensi: 15x23 cm
Cetakan: I, Desember 2014
ISBN: 978-602-9193-57-2
Penerbit: Alvabet, Tangerang Selatan
Resentator: Harmasto Hendro Kusworo



Posting Komentar

0 Komentar