Resensi: EWPK Setara SKU Siaga Bantu Kelas III


Buku Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan Setara SKU Siaga Bantu disusun sebagai panduan bagi anak Siaga dalam memenuhi pencapaian Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Siaga Bantu. Muatan di dalamnya sudah disesuaikan dengan Keputusan Kwarnas Nomor 198 tahun 2011 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Syarat Kecakapan Umum (SKU).

Materi yang disajikan, antara lain keterampilan khas kepramukaan, seperti keterampilan navigasi, tali-temali, hasta karya, lambang negara, dan hari penting nasional serta internasional. Adanya pendidikan karakter yang juga disajikan dalam buku ini diharapkan Pramuka akan memiliki watak, akhlak, dan budi pekerti yang luhur.

Dalam pembahasannya, buku yang materinya mengacu pada Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) Siaga Mula ini dibagi menjadi 4 (empat) bab yang masing-masing bab mewakili penilaian uji kompetensi yang ada dalam SKU. Isi bukunya tidak terlalu tebal. Tetapi sejatinya implementasi di lapangannya akan menyita waktu lumayan panjang. Hal itu tidak lepas dari perkembangan usia peserta didik di usia Siaga.

Bibliografi
Judul: EWPK Setara SKU Siaga Bantu Kelas III
Penyusun: Lanang Kuncoro, Farida Puji P.
Tebal: iv+52 hlm.
Genre: Pendidikan
Cetakan: I, November 2021
ISBN: 978-602-234-540-4
Penerbit: PT Citra Aji Parama, DI Yogyakarta

Posting Komentar

0 Komentar