Resensi: Ragam Aktivitas Positif Siswa Sekolah Dasar

Untuk mendapatkan hasil pendidikan yang baik dan terukur, membutuhkan program-program yang terencana dengan baik.

Program bertujuan untuk memberikan pelayanan pendidikan yang optimal kepada siswa dalam rangka menuntut ilmu dan berkembang sesuai dengan minat dan bakatnya agar kelak dapat berguna bagi kehidupan bangsa dan negara.

Program-program tersebut harus melibatkan aktivitas siswa, baik fisik ataupun nonfisik.

Menurut Paul B. Diederich (Sardiman, 2007), jenis-jenis aktivitas dalam belajar siswa dapat digolongkan sebagai berikut visual activities, oral activities, listening activities, writing activities, drawing activities, motor activities, mental activities, dan emotional activities.

Manfaat program sekolah sendiri adalah untuk menentukan keberhasilan dari tujuan atau visi dan misi sekolah serta untuk membentuk sekolah yang unggul, kreatif, dan bernilai berdasarkan pandangan semua elemen.

Penulis menyajikan delapan ladang garap yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan kultur positif bagi budaya sekolah. Pertama, kegiatan seni dan kebudayaan dengan memperkenalkan anak pada permainan tradisional, bahasa daerah, festival pakaian daerah, festival lagu daerah, makanan khas daerah, berbalas pantun, dan pekan seni.

Kedua, kegiatan gotong royong, yakni melibatkan anak dalam mendisplay kelas, kerja bakti di kelas dan sekolah, berkebun di lingkungan sekolah, membuat kerajinan dari bahan bekas dan berguna, membuat proyek bersama (project based learning) yang berorientasi produk guna dan profit, memasak dan makan bersama.

Ketiga, kegiatan pembelajaran dalam kelas dengan memperdengarkan musik instrumental saat belajar, menerapkan model pembelajaran yang beragam, belajar dengan story telling, mengoptimalkan media pembelajaran yang beragam, bermain drama, belajar dengan bernyanyi, menulis cerita.

Keempat, kegiatan pembelajaran di luar kelas. Dapat berupa study tour, bermain outbound, English Day, membentuk klub kepeminatan, berkemah, simulasi peran dalam beragam profesi.

Kelima, kegiatan hiburan positif seperti menonton film edukasi, membuat konten YouTube, memakai kostum tokoh, bermain permainan edukatif, Market Day, perlombaan.

Keenam, kegiatan literasi anak dengan pemberdayaan majalah dinding, program membaca buku non-pelajaran, lomba Duta Literasi Sekolah, lomba kegiatan literasi sekolah, menghidupkan perpustakaan.

Ketujuh, kegiatan olahraga seperti bermain sepak bola, mengenalkan permainan bola basket, mengenalkan permainan bola voli, mengenalkan permainan bulu tangkis, berenang, senam, pekan olahraga.

Sedangkan untuk kegiatan keagamaan Islam, nilai positif dapat dibangun melalui aktivitas sholat dhuha bersama, sholat berjama’ah, sedekah rutin, kajian Islami untuk anak, membaca Al-Quran bersama, puasa sunnah.

Bagi institusi pendidikan yang selama ini berupaya mencari model aktivitas positif, buku ini memberikan deskripsi tiap aktivitas. Sehingga sangat membantu siapapun untuk merancang detail kegiatannya.

 

Bibliografi

Judul: Ragam Aktivitas Positif Siswa Sekolah Dasar

Penulis: Ahmad Hidayat, M.Pd

Tebal: x+174 hlm.

Genre: Pendidikan

Cetakan: I, 2023

ISBN: 978-602-313-597-4

Penerbit: Ar-Ruzz Media, Yogyakarta

 

Posting Komentar

0 Komentar